Kamis, 17 Januari 2013

motor bersilinder 6

Honda CBX 6 Silinder

Saat ini salah satu motor yang mengadopsi silinder banyak yaitu Honda Goldwing berkapasitas 1800 cc dengan jumlah 6 silinder. Tapi tahukah anda bahwa doeloe-nya Honda juga pernah membuat mesin motor dengan jumlah silinder serupa tepatnya pada tahun 1978. Diolah dari berbagai sumber ketika itu Soichiro Honda bersama timnya kelar mengembangkan 3 buah motor yaitu motor 1000 cc 4 silinder, 1200 cc 4 silinder & 1047 cc 6 silinder. Akhirnya dipilihlah mesin 6 silinder berkapasitas 1047 cc untuk dijual masal. Jadilah (saat itu) mesin motor pertama di dunia yang memiliki silinder dalam jumlah banyak.
Honda CBX itulah nama yang diberikan. Sebelum dibuat masal, motor ini sempat mengalami perubahan desain knalpot karena pada versi protipenya suara yang dihasilkan sangat berisik. Tuntas masalah tersebut mulailah diproduksi pada akhir 1978. Mengusung mesin dengan spek diameter x langkah 64,5 mm x 53,4 mm, volume 1047 cc, 6 silinder, DOHC, 24 katup, perbandingan kompresi mencapai 9,3:1  menghasilkan tenaga sebesar 105 hp @ 9000 RPM.
saking lebarnya tuh mesin ampe diberi pelindung :)
Motor yang diproduksi antara tahun 1978-1982 ini dibekali dengan girboks 5 tingkat kecepatan, ban depan berukuran 19 inch & belakang 18 inch ini hanya butuh 11,5 detik untuk nge-drag 402 m. Mengagumkan !!! Pada tahun 1981 Honda melakukan perubahan pada CBX-nya dengan merubah sistem dual shock menjadi monoshock, penambahan fairing & saddlebags hingga motor ini bertipe sport touring.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar